Portal Puskesmas Kota Depok

UPTD Puskesmas Depok Jaya
Puskesmas
  • Puskesmas Depok Jaya
2022-05-14 10:26:42

Webinar Kesehatan Kewaspadaan Kasus Hepatitis Akut di Kota Depok

  • World Health Organization (WHO) mempublikasikan wabah hepatitis akut pada anak pertama kali ditemukan di Inggris Raya pada bulan April 2022.  Pada 21 April 2022 ditemukan 169 kasus di beberapa negara di Eropa dan Amerika. Kasus hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya ini juga telah masuk ke Indonesia. Per tanggal 11 Mei 2022, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mencatat terdapat 18 kasus yang diduga hepatitis akut dan 7 anak diantaranya meninggal dunia.

    Dalam merespon semakin meningkatnya kasus hepatitis akut di Indonesia dan sebagai upaya pencegahan, UPTD Puskesmas Depok Jaya bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Depok dan RS Mitra Keluarga mengadakan webinar Kesehatan dengan tema ‘Anak Sehat, Siapa Takut. Bye-Bye Hepatitis Akut. Kenali Hepatitis Akut Sebelum Terlambat’  pada Jum’at, 13 Mei 2022.

    “Ada hal-hal baru yang kita ketahui berdasarkan laporan dari negara lain. Nomor satu, hanya 1/3 penderitanya yang demam, laporan dari Inggris. Jadi tidak semuanya demam tetapi yang paling sering ditemukan adalah mual, muntah dan diare,” terang Syarifah Hanum, Dokter Spesialis Anak RS Mitra Keluarga.

    Narasumber dokter spesialis anak menambahkan bahwa masyarakat perlu untuk menjaga Kesehatan, mencegah penularan, mencegah dehidrasi dan mengenali tanda bahaya sebagai upaya pencegahan dan penanganan hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya ini.

    Sebagai bentuk kewaspadaan terhadap penemuan kasus hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya ini, Dinas Kesehatan Kota Depok mengeluarkan Surat Edaran Wali Kota Depok yang ditujukan kepada Camat, Lurah, Kepala Sekolah, Pimpinan Pondok Pesantren dan masyarakat Kota Depok.

    “Bila terdapat kasus yang mendekati gejala dari hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya, maka kami sudah menyiapkan bit.ly nya, nanti dari fasyankes yang akan melaporkan melalui bit.ly/FormPEHepatitisAkutDepok2022 ke Dinas Kesehatan. Masyarakat, baik melalui kader, Lembaga atau institusi melakukan pemeriksaan ke Puskesmas, dokter praktek mandiri maupun Rumah Sakit,” terang Mary Liziawati, Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok.  

    Dalam upaya pencegahan hepatitis akut, Bunda Elly Farida, Ketua TP-PKK Kota Depok menyampaikan bahwa sehat berawal dari rumah cinta keluarga. Keluarga menjadi fokus utama dalam pelaksanaan Program Indonesia Sehat karena tingkat kesehatan suatu keluarga akan menentukan tingkat kesehatan masyarakat.

    “Sehat berawal dari rumah kita, siapa dia? Keluarga. Bersama kita satukan tekad, meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan diri menghadapi lonjakan kasus hepatitis akut menuju Kota Depok sehat, generasi kuat,” pungkas Elly Farida, Ketua TP-PKK Kota Depok.

    Masyarakat diharapkan tidak panik menghadapi penyakit hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya, namun tetap mengenali gejala dan tanda-tanda penyakitnya serta tidak terlambat membawa anak ke Fasilitas Pelayanan Kesehatan jika gejala bertambah berat. (Amani) 

Download File